Kamis, 02 Februari 2012

Waspada Serangan Jantung!




Dulu, penyakit jantung didiagnosa oleh para dokter hanya akan menyerang orang yang berusia di atas 60 tahun. Tapi, sekarang menurut penelitian ahli kedokteran, orang berusia 20-an sudah rawan terserang penyakit jantung, lho. Seramnya lagi, serangan jantung itu sudah membayangi sejak usia remaja! Semua itu akibat gaya hidup kita yang kurang sehat, seperti:

Kebiasaan merokok

Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) di tahun 2004, banyak remaja yang mulai mencoba merokok sejak umur 10 tahun. Terus di usia 15 -19 tahun mereka sudah menjadi perokok aktif. Bahkan meskipun bukan perokok aktif, remaja seperti kita juga berpotensi menjadi perokok pasif. Padahal tahu sendiri kan, kalau rokok itu bisa menimbun nikotin di aliran darah kita sehingga bikin peredaran darah ke jantung pun terhambat.

Kurang gerak dan berolahraga

Lengkapnya fasilitas yang dimiliki remaja bikin kita jadi jarang menggerakan tubuh. Belum lagi banyak hiburan yang bisa dilakukan tanpa menggerakan tubuh seperti main games, browsing internet hingga nonton TV. Padahal berolahraga itu bisa membantu membakar lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Jika lemak dalam tubuh kita terus menumpuk, bisa meningkatkan kadar koresterol yang membahayakan jantung kita.

Pola makan yang nggak seimbang

National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika Serikat telah melakukan peneltian terhadap pola makan remaja. Hasilnya menunjukan bahwa remaja sekarang lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar gula dan garamnya. Padahal juga kita kelebihan gula bisa menyebabkan obesitas dan diabetes, sedangkan garam bisa menyebabkan kadar kolesterol kita menjadi tinggi. Ketiga penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung kita.





sumber : http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/waspada.serangan.jantung/001/007/594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar