Kamis, 02 Februari 2012

Charlie Chaplin


Tokoh beken di dunia film ini hidupnya memang disorot jauuhhh sebelum kita lahir. Bahkan bisa jadi karya-karya emas Sir Charles Spencer Chaplin,Jr ini dinikmati oleh buyut kita. Tapi kita pasti pernah melihat sosoknya yang khas dengan bowler hat, kumis kotak, tongkat, dan jas sempit ini. Dialah salah satu artis pantomim dan “badut” terbaik yang dijadikan panutan banyak seniman hingga saat ini.

Karir cemerlang Chaplin ternyata tidak secemerlang masa kecilnya, lho. Chaplin yang lahir pada 16 April 1889 di London, tumbuh dalam keluarga broken home sejak dia masih balita. Pada usia 3 tahun, kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai artis pertunjukan komedi “kaki lima” memutuskan untuk bercerai. Perjalanan rumah tangga ayah dan ibu Chaplin kemudian diwarnai dengan banyak konflik, yang akhirnya mendorong Chaplin dimasukkan dalam sekolah asrama penampungan anak telantar di London.

Dalam kondisi yang kurang beruntung ini, Chaplin harus bahu membahu bersama kakaknya untuk bertahan hidup. Untung saja, dunia panggung tidak asing lagi bagi Chaplin. Meskipun mulai naik panggung pada usia 5 tahun, tapi Chaplin baru rutin ikut pementasan saat dia berusia 11 tahun. Peran pertamanya adalah sebagai kucing jenaka dalam pantomim Cinderella di London Hippodrome. Sejak itu, peran demi peran dia lakoni, hingga akhirnya dia hijrah ke Amerika untuk mengikuti pertunjukan keliling asuhan Fred Karno. Saat inilah dia bertemu dengan produser film Mack Sennet, yang kemudian membuka peluang emas bagi Chaplin. Kemampuannya menyampaikan pesan dalam banyolan di “film bisu” membuat terobosan besar di dunia perfilman.

Nggak hanya mendalami dunia peran, Chaplin juga belajar tentang menyutradarai dan menyunting film sendiri. Nggak heran kalau dalam karirnya, dia termasuk tokoh yang dibilang “lengkap”. Saking aktifnya Chaplin di dunia film, dia bisa lho menghasilkan 12 judul film dalam waktu 18 bulan saja! Selama hidupnya, Chaplin berhasil membuat kurang lebih 87 film, dan hanya 5 di antaranya yang bukan “film bisu”. Selain deretan penghargaan yang dia dapatkan, Chaplin juga mendapat gelar ksatria: Knight Commander of the British Empire (KBE) dari Ratu Elizabeth II pada 4 Maret 1975.






sumber : http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/charlie.chaplin/001/007/582

Tidak ada komentar:

Posting Komentar